RPP Bahasa Prancis

Written By admin on Wednesday, September 2, 2015 | 1:52 AM

RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke-9 Dire Aimer
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH     : SMAN 1 KEBOMAS
MATA PELAJARAN  : Bahasa Perancis      
PROGRAM               : Pilihan
KELAS/SEMESTER   : X
PERTEMUAN KE      : 9
ALOKASI WAKTU    : 2 x 45 menit

STANDAR KOMPETENSI  :
-          MENDENGARKAN ( Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kegemaran )
-          BERBICARA ( Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kegemaran )
KOMPETENSI DASAR       :
-          Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
-          Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Siswa dapat membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
2.      Siswa dapat membedakan bunyi yang didengar
3.      Siswa dapat menentukan benar/salah ujaran
4.      Siswa dapat menirukan ujaran dengan tepat
5.      Siswa dapat menyebutkan ujaran dengan tepat
6.      Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai konteks
7.      Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai konteks
8.      Siswa dapat menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
METODE                                     : Tanya jawab, bermain peran, ceramah
MATERI PEMBELAJARAN           : LES PRÉFÉRENCE
-          Percakapan singkat sederhana tentang kegemaran
-          Teks lisan , singkat sederhana tentang kegemaran yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
Savoir-faire
J'aime ...
J'aime bien ...
J'aime beaucoup...
J'adore ...
XYZ, j'aime ça
Ce que j'adore le plus, c'est ...
Ce qui me plaît le plus, c'est ...
Ce qui me plaît le plus dans ce
livre/cette histoire, c'est de
pouvoir...
J'aime X mais je préfère Y
J'aime bien X mais j’aime mieux Y
J’aime un peu / beaucoup /
passionnément / à la folie ...

Je n’aime pas...
Je n'aime pas
Je n’aime vraiment pas ...
Je n’aime pas du tout...
Je déteste...
XYZ, je n’aime pas ça
XYZ, je n’aime pas trop
Je n’aime pas trop XYZ
Le /La/ Les X, ça me déplaît.
Le /La/ Les X, ça me dégoûte.
Je n'aime ni le X ni la Y
Je ne supporte pas...
Je trouve que c'est nul.
Je trouve ça assez ennuyeux
Ce n’est pas terrible

Grammaire
Exprimer ses goûts
J'adore
J'aime + Verbe à l'infinitif
J'apprécie
Ex :
j'aime voyager
j'adore enseigner
j'apprécie voyager en avion

Je déteste
Je n'aime pas + verbe à l'infinitif
Ex :
Je n'aime pas voyager
Je déteste attendre

J'adore
J'aime + article défini (le / la / les) + substantif
J'apprécie
Ex :
J'adore le chocolat
Elle aime la danse
Nous apprécions la musique classique

Je déteste
Je n'aime pas + article défini (le / la / les) + substantif
Ex :
Je n'aime pas le café
Elle n'aime pas le football
Les enfants n'aiment pas les épinards



LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.



 2.
-          Membuka pelajaran dengan salam ‘ bonjour ! comment ça va ?


Apersepsi
( Guru mengajak siswa untuk kembali mengingat pelajaran yang telah diberikan minggu lalu ).

-          Menjawab salam, “ bonjour ! ça  va bien. Et  vous comment ça va?”

                                                           

-          Siswa mendengarkan penjelasan guru


KEGIATAN INTI

Kegiatan Siswa
Alokasi waktu

-          Siswa diperdengarkan rekaman tentang bagaimana mengungkapkan kegemaran
-          Guru membahas rekaman tersebut satu persatu, memperdengarkannya berulang-ulang maksimal 3 kali
-          Siswa diarahkan satu persatu untuk mengetahui pernyataan positif dan pernyataan negative
-          Siswa diminta untuk satu persatu mengulangi ungkapan tersebut
-          Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai tema umum dan informasi rinci dalam teks lisan
-          Siswa diminta untuk mengungkapkan apa yang digemari dan apa yang tidak digemari dalam minimal 5 kalimat.
5 ‘’

10’’

10’’

20’’
5’’

30’’




KEGITAN PENUTUP

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

-          Mengucap salam
-          Menjawab salam

Alat dan sumber belajar            : rekaman suara tentang kegemaran
Metode mengajar                     : Tanya jawab, diskusi
Penilaian                                 : Praktik berbicara bahasa Perancis


Gresik, April 2010

Mengetahui                                                                             Penyusun
Kepala SMAN 1 KEBOMAS                                                      Guru Bahasa Perancis





Drs. H.M.E Wahyudi, MM                                                     Trianasari, S.Pd
NIP. 19631031 199003 1 003                                                NIP. 19860311 201001 2 016









TEKS LISAN
http://profplus.over-blog.com/categorie-10764632.html
atau
http://profplus.over-blog.com/ext/http://platea.pntic.mec.es/~cvera/hotpot/ecoutes/goutsb.htm
http://claweb.cla.unipd.it/home/smazurelle/dynamots/a1/m2/ap_aim_aimpas.htm



TEKS RUMPANG
Ludovic          :Je un spectacle de cabaret, ce soir. Ça t'intéresse?
Émilie             :Oui, j' sortir, aller au spectacle...
Ludovic          :Moi aussi, mais je aller au cinéma. Je déteste faire la queue devant le cinéma. Je le théâtre.
Émilie             : Moi aussi, j' le théâtre. En fait, je suis de théâtre, tu sais?
Ludovic          :Tu aimes la littérature, alors?
Émilie             :Oui, j'aime beaucoup la littérature.
Ludovic          :Et tu aimes le cirque?
Émilie             :Ah non, j' du cirque!

TEKS BENAR SALAH TERTULIS

1. Émilie accepte d'aller au cabaret.
  ?    vrai
  ?    faux
2. Ludovic et Émilie détestent le théâtre.
  ?    vrai
  ?    faux
3. Émilie déteste le cirque.

  ?    vrai
  ?    faux

0 comments:

Post a Comment