Ulangan online melalui Intranet

Written By admin on Tuesday, September 20, 2011 | 8:03 PM

Ulangan, tes, kuis atau uji kompetensi adalah salah satu bentuk tagihan setelah siswa melakukan serangkaian kegiatan belajar. Kegiatan ini merupakan kewajiban bagi guru untuk memberikan laporan hasil ketercapaian kompetensi yang diraih peserta didiknya.
Dengan memanfaatkan fasilitas jaringan (LAN) di sekolah yang menghubungkan 22 komputer, saya berusaha mencari informasi untuk membuat ulangan online di intranet. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan di komputer-komputer yang terhubung jaringan. Ketika siswa membuka melalui peramban di komputernya, seolah-olah ulangan online di internet. Karena siswa mengetik alamat soal ulangan di peramban dengan alamat http://busiti/ulangan.com. busiti adalah nama komputer yang terinstall soal ulangan, sedangkan latihan.com adalah nama folder tempat software testonline terinstall.
Sebelum menginstal onlinetest karya pak Adhi Irawan, terlebih dahulu saya menginstall webserver local menggunakan XAMPP. Sebenarnya tidak harus XAMPP yang dapat digunakan, WampServer, Apache, PHPTriad juga bisa digunakan.
Setelah XAMPP terinstall,,maka di komputer akan kita akan ada folder htdocs di C:/programfiles/XAMPP. Difolder htdocs-lah kita ekstrak software onlinetest hasil donlotan dari blog Pak ADHI. folder hasil ekstrak dapat diganti namanya dengan menggunakan fasilitas rename. Nama folder ini nanti akan menjadi situs di intranet.
Oh, iya tentang bagaimana cara menginstall, sudah ada kok petunjuk yang diberikan Pak Adhi yang disertakan di software-nya. Namun ada pengalaman menarik yang perlu saya bagi, yaitu ketika saya mencoba menginstall di laptop saya yang menggunakan OS Vista. soal ulangan tadi tidak dapat diakses dari komputer lain. sempat hampir putus asa.
Iseng-iseng saya mencoba menginstall webserver dan onlinetest di laptop mantan pacar yang menggunakan OS XP Karena laptop tersebut saya beri nama busiti, maka komputer lain yang akan membuka tes dengan mengetikkan http://busiti/latihan.com. Begitu soal ulangan dapat dibuka dari laptopku yang menggunakan Vista, saat itu juga kubawa ke sekolah laptop busiti dan kuambil kunci LABKOM untuk mencoba membuka dari komputer siswa di sekolah. Hasilnya jreng…jreng berhasil…. saya senang sekali.
Pada kesempatan kali ini saya ingin menanyakan bagaimana cara menginstall webserver di Vista atau Ubuntu agar bisa dibuka oleh komputer lain (komputer siswa yang menggunakan Vista). Karena saya harus membawa laptop isteri agar siswa bisa mengerjakan soal ulangan online.

0 comments:

Post a Comment